Program Studi pada FKIP
Bahasa dan Sastra Indonesia

VISI DAN MISI PRODI BAHASA INDONESIA

 Visi

 "Menjadi Program Studi yang Unggul pada Tahun 2026 serta menciptakan lulusan yang profesional dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berdasarkan IMTAQ & IPTEKNI”

Misi

1.      Menyelenggarakan program pendidikan dan pembelajaran secara profesional dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.

2.      Melaksanakan penelitian terapan yang menunjang pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

3.      Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang yang relevan secara edukatif, konsisten, dan terprogram dengan mengacu pada telaah dan kajian bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

4.      Menjalin kerjasama dengan pihak terkait untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Tujuan

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Majalengka menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) dan perlu dilaksanakan secara sinergis sehingga penjabaran misi dirumuskan dengan tujuan sebagai berikut:

1.      Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan profesionalisme di bidang ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, serta memiliki kepribadian yang baik.

2.      Menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan di bidang bahasa dan sasta Indonesia

3.      Menghasilkan lulusan yang dapat mengimplementasikan keahliannya dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

4.      Melakukan kerjasama yang intensif dan ekstensif dengan pihak terkait

 
Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Visi

Menghasilkan tenaga kependidikan jasmani yang unggul dan memiliki komitmen untuk mengembangkan pendidikan jasmani dan olahraga bagi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara berlandaskan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ”

Misi

 Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas :

 1.    Menyelengarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga kependidikan guru yang profesional dan berdaya saing di wilayah Jawa Barat di bidang pendidikan jasmani yang dilandasi  iman dan takwa.

 2.    Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga pendidik yang mampu merencanakan, mengembangkan dan mengelola kegiatan olahraga dan rekreasi di sekolah, dan di masyarakat.

 3.    Melaksanakan penelitian yang terarah dan terpadu untuk kemajuan dan perkembangan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

 4. Menyelenggarakan layanan pengabdian pada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut serta memecahkan masalah dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya.

 5.  Membekali vokasi dalam bidang keolahragaan yang berkarakter dan bermartabat

Tujuan

 Menghasilkan guru yang mempunyai wawasan dan kemampuan akademik serta profesi kependidikan di bidang olahraga sehingga dapat melaksanakan progran pendidikan dan pengajaran di sekolah dan luar sekolah dan atau untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sehubungan dengan tujuan ini lulusan PJKR, diharapkan:

 1.    Menguasai ilmu dan keterampilan olahraga sebagai kewenangan utamanya (mayor) dan mampu mengembangkan ilmu dan teknologi untuk kepentingan pendidikan dan pengajaran dan atau untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

 2.    Menguasai ilmu dan keterampilan olahraga yang menjadi pilihan kewenangan tambahan (minor).

 3.    Menguasai ilmu dan keterampilan tambahan olahraga yang dipilih sebagai kemampuan, baik untuk maksud pengajaran (MKKT) atau pun sebagai kemampuan menciptakan pekerjaan di bidang ilmu dan keterampilan yang relevan dengan kewenangan utama.

 4.    Menguasai pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran olahraga serta mampu mengembangkan wawasannya dalam aspek-aspek pengajaran.

 

 
Pendidikan Bahasa Inggris

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Visi

“Terwujudnya program studi yang unggul pada tahun 2026 serta tenaga pendidik bahasa Inggris yang kompetitif, profesional dan berahlak mulia”

 

 

Misi

1.   Meningkatkan mutu program studi secara bertahap dan berkelanjutan melalui program pengembangan dalam aspek pendidikan, SDM, dan sarana-prasarana.

2.   Menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif, efisien dan inovatif untuk menghasilkan tenaga pendidik bahasa Inggris profesional

3.   Menyelenggarakan proses pembelajaran berbasis pendidikan karakter akhlak mulia

4.   Meningkatkan  kegiatan penelitian terarah dan terpadu dalam bidang pendidikan bahasa inggris

5.   Meningkatkan kualitas pengabdian masyarakat sebagai wujud peran serta dalam meningkatkan sumber daya manusia

6.   Menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

 

Tujuan

Meningkatnya mutu program studi secara bertahap dan berkelanjutan melalui program pengembangan dalam aspek pendidikan, SDM, dan sarana-prasarana.

1.   Terselenggaranya proses pembelajaran yang efektif efisien dan inovatif untuk menghasilkan tenaga pendidik bahasa Inggris profesional

2.   Terselenggaranya proses pembelajaran berbasis pendidikan karakter akhlak mulia

3.   Meningkatnya  kegiatan penelitian terarah dan terpadu dalam bidang pendidikan bahasa inggris

4.   Meningkatnya kualitas pengabdian masyarakat sebagai wujud peran serta dalam meningkatkan sumber daya manusia

5.   Terwujudnya kerja sama dengan pihak lain untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan lulusan program Studi Pendidikan Bahasa Inggris