Teori dan Konsep Pembelajaran Membaca di Sekolah Dasar

Dudu Suhandi Saputra, M.Pd., & Sigit Vebrianto Susilo, M.Pd.

Membaca adalah sebuah kemampuan untuk mengartikan  lambang bahasa ke dalam pemikiran manusia sehingga memperoleh sebuah informasi atau pengetahuan. Dalam kegiatan membaca, seseorang tentu saja mempunyai sebuah tujuan untuk mendapatkan sesuatu yang di inginkannya sesuai dengan kebutuhan. Sejalan dengan tujuan membaca, Jhonson mendefinisikan “Reading is the practice of using text to create meaning”[1]. Membaca adalah sebuah kegiatan praktik dengan menggunakan bacaan-bacaan untuk menemukan makna yang terdapat didalamnya. Banyak cara yang dapat dilakukan manusia agar dapat membaca untuk memperkaya pengetahuannya. Membaca buku adalah suatu cara  anak untuk dapat memperkaya kosa kata, dan yang paling penting adalah menciptakan suasana membaca yang nyaman agar kegiatan membaca dapat berjalan secara efektif.

Membaca adalah komponen dasar seseorang bisa memiliki pemahaman atau suatu pengetahuan yang lebih, karena dengan membaca, seseorang akan menjadi semakin kaya akan pengetahuannya. Dalam pembelajaran membaca di sekolah dasar, ada dua konteks yang meliputi membaca permulaan atau membaca nyaring (reading aloud) dan membaca pemahaman (reading comprehension). Selain itu, ada juga yang dinamakan silent reading. Silent reading adalah cara membaca tanpa mengeluarkan vokal. Artinya, membaca secara diam tanpa mengeluarkan suara untuk mencermati arti dan makna dari bacaan tersebut. Membaca pemahaman (reading comprehension) merupakan kegiatan membaca yang sesungguhnya dibutuhkan kemampuan memahami bacaan secara tepat dan cepat. Kemampuan membaca pemahaman menuntut siswa mengerahkan seluruh kemampuannya untuk dapat memahami isi bacaan. Secara esensial kegiatan membaca pemahaman memerlukan pemikiran tingkat tinggi untuk dapat mencerna maksud yang terkandung didalam bacaan tersebut. Siswa harus tahu apa yang akan ia baca, kemudian setelah itu siswa juga dituntuk untuk paham apa yang telah ia baca.

[1] Andrew P. Jhonson. “Teaching And Writing: Guidebook For Tutoring And Remediating Students”. (New York: United Kingdom, 2008). h. 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *